Jumat, 13 Juli 2012

ARTIKEL Moonstone Lambang Kesuburan Bagi Kaum Hawa



Profil Batuan Permata : Batu Bulan ( Moon Stones )

Lambang Kesuburan bagi Kaum Hawa

Sesuai dengan namanya, Batu Bulan ( Moon Stones ) merupakan representasi dari sosok benda angkasa bernama Bulan. Batu permata yang tergolong semi-mulia ( Semi Precious Stone ) ini memiliki ciri khas tembus cahaya. Pada umumnya batu bulan memiliki warna putih krem layaknya Bulan yang sering kita lihat, meskipun sebenarnya sering kali ditemukan dalam berbagai warna. Beberapa warna lain yang bisa ditemukan dalam batu bulan antara lain warna kebiru - biruan, warna kekuning - kuningan, warna putih polos, warna abu - abu, warna cokelat, warna merah jingga atau oranye, warna hijau, hingga terdapat pula yang berwarna merah muda. Khusus untuk warna biru dianggap merupakan batu bulan yang paling berharga di antara batu bulan lainnya. Di sisi lain, batu bulan juga dianggap sebagai batu yang merepresentasikan simbol femininitas, dan telah dikaitkan dengan lambang kesuburan bagi kaum wanita sejak zaman dahulu kala. Konon, batu bulan dapat membantu mengatasi masalah wanita yang sedang mengalami nyeri haid atau sedang dalam proses melahirkan anak. Selain itu, batu bulan juga sering digunakan sebagai hiasan pada pakaian para wanita masyarakat Arab sebagai tanda atau simbol kesuburan. Namun untuk mengklasifikasi hal tersebut, dijelaskan bahwa batu ini merupakan simbol yang berhubungan dengan pikiran atau emosi. Dengan mengenakan jenis batu permata ini konon katanya batu bulan mampu membawa seseorang mengendalikan perasaannya di berbagai kondisi dan situasi. Selain itu juga mampu membantu untuk meredakan tingkat stres dan kecemasan yang berlebihan.

Batu bulan memiliki vibrasi yang baik dengan ukuran nilai empat, yang juga dikenal sebagai ' Rainbow Moonstone ' karena dapat mengambil / menyerap warna lain di sekitarnya. Batu ini dianggap sebagai salah satu dari batu - batuan suci oleh mayoritas masyarakat India, dan diyakini mampu membawa nasib yang baik bagi para pemakainya. Pengguna dari batu permata jenis ini juga diyakini akan selalu memperoleh ketenangan dalam tidurnya lewat mimpi yang indah. Batu bulan juga sering kali dikaitkan dengan perayaan ulang tahun pernikahan yang ke-13. Batu bulan merupakan batu kelahiran yang mewakili dari zodiac Gemini atau bagi mereka yang lahir pada bulan Juni. Batu ini sangat ideal untuk dipakai oleh mereka yang berprofesi sebagai dokter, perawat, dan pekerja sosial agar dapat bekerja lebih efektif dan percaya diri. Batu bulan juga dianggap sebagai batu pelindung untuk para turis, terutama pada malam hari atau saat berada di tengah lingkungan air. Hal ini membuat batu bulan menjadi batuan permata yang sangat cocok untuk orang yang menekuni dunia perenang, pengawal pantai, pelaut dan lain - lain yang masih berhubungan dengan lingkup air. Batu bulan juga dianggap sebagai batuan permata yang melambangkan cinta pertama dan konon memiliki aura sensual yang menggoda, yang berfungsi untuk membantu menjaga hubungan yang baik dengan pasangan Anda. Pemberian batu permata jenis ini kepada orang yang kita cintai dapat memperkuat tali ikatan serta membawa keharmonisan antara pasangan.

Batu Bulan
Batuan permata yang juga dikenal sebagai Biduri Bulan ini termasuk batuan permata yang memiliki tingkat kekerasan yang sedang jika kita bandingkan dengan jenis permata terkeras ( intan ). Ukurannya bisa mencapai 5 skala Mohs berbanding 10.  Karena sifatnya yang tidak terlalu keras, maka tak heran bila sering kali kita menemukan pada bagian batu yang memiliki alur seperti retakan di dalamnya. Di Indonesia sendiri pada umumnya jenis batu ini dijual di toko - toko permata atau perhiasan, terutama yang menjual jenis - jenis permata yang berasal dari India, Myanmar serta Srilanka. Permata yang secara sepintas terlihat putih bersih ini sangat cocok bila dikombinasikan dengan materi logam mulia lainnya seperti emas maupun perak. Agar dapat  mengoptimalkan kesan dari sisi femininnya, maka bisa digosok dengan bentuk alur setengah bola yang sedikit lonjong atau dikenal dengan istilah cabochon. Di sisi lain, batuan permata jenis ini juga berhubungan dengan dunia berkebun. Mengenakan batu ini saat melakukan kegiatan penanaman, penyiraman, penyiangan dan sebagainya konon dapat mempengaruhi kualitas hasil panen yang baik. Mereka yang berurusan dengan berbagai metode ramal - meramal sering pula memakai batu ini karena turut membantu dalam meningkatkan wawasan spiritual mereka. Ada pula yang percaya bahwa batuan permata jenis ini memiliki kekuatan sebagai terapi penyembuhan yang luar biasa dan sudah banyak digunakan oleh para ahli terapis. Manfaat yang diperoleh diantaranya membantu dalam mengatasi masalah pada pencernaan, membantu penyembuhan sakit kepala dan sakit punggung, serta efektif bagi seorang perempuan yang memiliki ketidakseimbangan hormon atau telah melalui masa menopause bagi wanita lansia ( lanjut usia ).

Batu bulan adalah salah satu batuan permata yang terlihat sangat elok dan menawan dengan kesan feminim sehingga cocok untuk dijadikan sebagai perhiasan bagi kaum hawa. Batu permata ini memiliki warna dasar yang putih transparan namun memiliki kilau warna yang beragam, mulai dari corak kekuningan, krem, biru  hingga kehijauan. Namun yang dianggap paling menawan dan bernilai adalah batu bulan yang memiliki kilauan cahaya berwarna kebiru - biruan. Hal ini dikarenakan apabila kita melihatnya, maka seketika  itu pula kita seolah tengah melihat cahaya bulan yang lembut dan teduh namun dengan ukuran yang mini. Menurut penelitian dari para ahli, kilauan warna tersebut timbul karena disebabkan oleh adanya lapisan tipis dalam daging permata yang disebut Albite dan Orthoclase Feldspar. Oleh karena keteduhan sinarnya tersebut, para ahli pengrajin emas dan permata pada umumnya akan menyarankan jenis permata seperti ini lebih cocok dikenakan oleh para wanita. Konon, bagi wanita yang mengenakan perhiasan dengan balutan batu permata jenis ini biasanya memiliki sifat yang sangat feminim dan lembut. Selain itu secara tradisi, batu bulan juga dipercaya penuh dengan energi feminim yang pasif dan dan bersifat menerima apa adanya. Tak heran bila batu ini dimanfaatkan untuk membantu menenangkan pikiran dan meredakan tingkat stres yang berlebihan.


0 komentar:

Posting Komentar

banjarmasinantik@gmail.com