Sabtu, 19 Juni 2010

( ARTIKEL ) Jenis Bentuk & Potongan Batu Permata



Jenis Potongan Permata :

Potongan Batu Permata

Pemotongan (cutting) adalah proses dimana sebuah batu kasar adalah berubah menjadi batu permata. Proses ini membuat sebuah permata memiliki bentuk tertentu, memunculkan kilau dan warna, memungkinkan untuk ditetapkan sebagai perhiasan.

Tidak seperti berlian, permata berwarna memiliki sifat optik variabel tidak dipotong ideal dan seragam. Potongan yang rapi permata menunjukkan permata itu berwarna bahkan warna dari jumlah inklusi yang diterima , kecemerlangan baik dan menunjukkan mayoritas berat karat bila dilihat dari atas.

Secara umum, gaya pemotongan permata dapat dibagi menjadi permata segi (yang berbentuk geometris wajah datar) dan non-faceted permata (Permata yang tidak memiliki bentuk geometris wajah datar seperti cabochons).

Potongan brilian


 gambar potongan brilian permata

Potongan brilian adalah standar untuk diamond, tetapi juga digunakan pada permata lainnya. Itu biasanya memiliki 57 faset, atau 58 dengan sebuah culet. Meskipun tidak ada orang pun secara resmi telah dikreditkan dengan penemuan, sebuah pemotong Venesia bernama Vincenzio Perruzzi sering disebutkan, dengan pengenalan yang terjadi pada abad ke-18.
Cut Brilian modern adalah hasil karya sejumlah individu di akhir abad 19 dan awal 20, paling menonjol Henry Morse dan Marcel Tolkowsky.
Gaya pemotongan Briliant sangat fleksibel dan hari ini diterapkan untuk berbagai bentuk selain bulat. termasuk pir, Marquise, bantal, dan bentuk hati

Potongan Cabochon

Caboschon berasal dari kata Perancis caboche (kepala), adalah sebuah batu permata yang telah dibentuk dan dipoles sebagai lawan dari segi. Bentuk yang dihasilkan biasanya adalah atas cembung dengan dasar rata. Pemotongan en cabochon biasanya diterapkan pada permata buram, sementara facetting |diamond biasanya diterapkan pada batu transparan.

Dalam kasus seperti batu safir asteriated bintang dan batu chrysoberyl chatoyant seperti mata kucing, potongan kubah cabochon digunakan untuk menunjukkan bintang atau mata, yang tidak akan terlihat dalam potongan facetted | diamond.


Potongan Emerald
 potongan emerald

Di samping brilian, gaya segi lain utama yang digunakan adalah potongan step, juga disebut potongan perangkap atau potongan emerald. Hal ini digunakan pada batu persegi panjang, garis bujur sangkar atau persegi, dengan sudut dipotong sedikit untuk mencegah chipping atau fraktur. Potongan langkah panjang, segi terputus layar warna permata untuk keuntungan maksimum. Namun, karena inklusi lebih jelas, gaya pemotongan yang terbaik dengan material yang relatif bersih atau kaya-warna.
Langkah pemotongan dikembangkan secara khusus untuk zambrut untuk mengurangi jumlah tekanan yang diberikan selama pemotongan dan untuk melindungi batu permata dari chipping. Sekarang teknik pemotongan modern membuat digunakan untuk berbagai jenis permata.

Reaksi:

0 komentar:

Poskan Komentar

banjarmasinantik@gmail.com